Lika-Liku Tes Pro-Tefl UNY - Curhat

by - November 06, 2018

      Halo, kali ini aku mau cerita soal pengalaman menjalani tes Pro-Tefl dari uny. Pengalaman ini sungguh sedikit berliku dan mungkin buang-buang waktu sehingga sangat merugikanku, haha..
      Setelah tes pertama yang kuceritakan kemarin, yang bermasalah pada tanggal tes yang kupilih, sekarang tes kedua dengan permasalahan yang berbeda. Prosedur yang kujalani, dari mengisi formulir tahap pertama hingga memulai tes berjalan dengan normal. Isi formulir, bayar ke bank, isi data diri, cermati tanggal dan jam, kemudian tes berjalan sangat normal. Namun permasalahannya adalah..
      Hari dimana tes, user name dan password dari semua peserta tes tidak digunakan. Semua peserta tes menggunakan user name dan password yang diberikan oleh petugas. Nomor meja sekaligus komputer yang digunakan, diurutkan berdasarkan urutan masuk ke ruangan. Kebetulan aku masuk rada terakhir, jadi dapat nomor meja nomor 20 dari 30 meja. Kemudian semua dimulai seperti biasa. Biasa aja. Ini sebenernya permasalahan juga, tapi bukan ini intinya, intinya adalah..
      Aku tes hari Rabu, aturannya, hari Kamis aku sudah mendapatkan skor dari tes yang kujalani. Tes pertama skorku hanya 413, dari keharusan ketuntasan 425. Jadi pada tes kedua ini aku sangat berharap bisa mencapai ketuntasan minimal. Menunggu dan menunggu sampai hari jumat belum muncul juga. Adik kelas yang kebetulan tes di kesempatan yang sama menginformasikan bahwa dia lulus dari ketutasan minimal. Lho, kok dia sudah ada hasilnya dan aku belum? Oh, katanya, memang belum di masukkan di siakad, tapi sudah ada di daftar nilai di LPPMP. Tapi permasalahannya adalah, adik kelas ketika cek nilai dia, dia tidak menemukan namaku di daftar tersebut. Emmmm emmmm kok agak bikin deg-deg-an niiiiih???
      Karena adik kelas ceknya hari Jumat dan udah siang, aku maless banget mau nanyain kesana, kalo kesana palingan malah udah tutup pelayannya. Akhirnya aku datang di hari Senin. Pagi-pagi berangkat langsung menuju LPPMP.
"Mas, saya kan tes hari Rabu kemarin, tapi kok nama saya nggak ada ya?"
"Oh, coba pinjam kartu tesnya"
Setelah masnya utak utik mencari informasi, beginilah kabarnya...
"Jadi gini mbak, di hari Rabu kemarin, memang ada data error. Ada tiga peserta yang nilainya tidak tersimpan, salah satunya adalah Mbak. Jadi kami mohon maaf sekali karena memang itu kesalahan dari sistem. Tapi, untuk kompensasinya adalah, kami memberikan kesempatan kepada Mbak untuk tes ulang secara gratis. Berhubung kedua peserta tes kemarin datang di hari Jumat, jadi mereka bisa menyusul tes di hari Senin kemarin. Nha, hari ini sudah hari selasa, kira-kira Mbak mau tes hari apa dan jam berapa, silakan."
Panjang kaaaaan? Wkwk.. Aaaaahhh tes ulang, macam manaaa iniiiii... Mikir lagi mikir lagiii. Yaudah lah, toh tes ulangnya gratis juga. Tapi kalo nanti hasilnya lebih turun dari yang ga kesimpen kemarin gimana dooong??? 
"Mbak?"
"Oh ya mas... Saya tes besok saja. Hari Rabu yang jam pagi."
"Oke. Boleh pinjam kartu tes nya? Ini saya beri keterangan, besok tinggal masuk saja"
"Ya mas,, trimaksih"
      Akhirnya aku pulang dengan pikiran yang kemana-mana. Sorenya aku belajar online, banyak situs yang menawarkan belajar tes toefl online. Kucoba-coba dan hasilnya lumayan. Lumayan banyak yang ZONK. Hahaha.. Malamnya, aku youtube an, nyari cara ampuh tembus tes toefl skor lebih dari 500. Songong banget kan ya. Haha.. Lama nian aku belajar lewat youtube dan akhirnya ngantuk juga.
      Paginya, datang ke tempat tes, dan masuk paling terakhir membawa kartu tes berketerangan dan bertandatangan. Dipersilakan duduk di meja paling terakhir. Gapapa sih, yang penting bisa nyimpen datanya aja entar. Sempat menunggu dikasih username dan password karena aku datang cuma membawa keterangan bertuliskan "Tes ulang" dan tandatangan petugas. Begitu dapet, langsung ngerjain dengan trik dan tips yang kudapat dari youtube, walaupun semuanya sungguh tidak mirip dengan yang disarankan dan tetep susah. Haha.. 
      Mengerjakan dengan tingkat kesotoyan paling tinggi. Di tengah-tengah ngerjain, MATI LISTRIK, pada panik. Haha.. Aku juga ding. Di depan mata udah kebayang dapet dispensasi buat tes ulang secara gratis lagi. Tapi katanya data tetap tersimpan sesuai dengan terakhir kali mengerjakan di bagaian apa. Dan ketika listrik menyala, benar.. Semua terisi sesuai yang sudah dikerjakan.
      Sampailah di penghujung ceritaku karena ternyata aku sudah mengantuk, hasil dari lika-liku ini adalah, Skorku lulus agak jauh dari ketuntasan minimal. HEEEEEHEEEHEEEEE... Berapa? 457 eeaa eeaaa... SEKIAN :*

You May Also Like

2 komentar

. . . .