Slip Pembayaran SPP Terakhir Hilang,!! Bagaimana solusinya??

by - November 03, 2018

      Sebagai mahasiswa sudah terbiasa dengan yang namanya Slip Pembayaran SPP. Slip pembayaran tersebut disarankan untuk selalu disimpan karena sangat penting bagi persyaratan dari kampus. Tidak semua kampus memiliki persamaan persyaratan dalam hal Slip Pembayaran. Maksudku adalah, Slip Pembayaran harus dipakai untuk syarat ujian skripsi, atau syarat yudisium, atau syarat pengajuan mata kuliah. Selain itu, ada kampus yang memiliki kebijakan hanya slip pembayaran SPP terakhir, atau bahkan dari awal masuk kuliah, tergantung darimana kampusnya.
      Kebetulan aku mempunyai pengalaman menghilangkan slip pembayaran SPP terakhir di kampus di Yogyakarta, UNY. Slip pembayaran ini sangat penting sebagai syarat untuk mengajukan ujian skripsi. Hanya, aku juga kurang tau apakah semua jurusan atau fakultas memiliki persyaratan yang sama. Slip pembayaran yang digunakan adalah slip pembayaran SPP terakhir. Karena aku menghilangkannya, jadi bagaimana solusinya?

      Waktu itu, datang ke bank dimana aku bayar SPP. Terus dapat salam selamat datang dari pak satpam dan ditanyain ada perlu apa. Akhirnya aku bilang, eh tapi lebih ke cerita sih, haha. Terus sama pak satpamnya di arahin antri ke teller aja, kukira harus ke customer service. Setelah itu sampai teller, ditanyain soal kronologi. Jadi, kamu harus tau ini sebelum ke bank :
1. Harus ingat hari dan tanggal kapan kamu melakukan pembayaran, dan di bank yang mana.
Hal ini penting, karena di setiap kantor atau organisasi manapun pasti memliki arsip. Jadi, kalau kamu ingat kapan dan dimana kamu melakukan pembayaran itu sangat membantu. Bagaimana jika lupa? Ya, sekiranya bisa di kira-kira kapan kamu melakukan pembayaran.
2. Harus ingat jumlah / nominal yang dibayarkan.
Sebagai mahasiswa pasti ingat lah ya berapa jumlah SPP tiap semesternya, kecuali kalau beda-beda karena disesuaikan dengan tambahan biaya per SKS. Hehe, pokoknya harus ekstra di ingat-ingat.
3. Kalau bisa lagi, dengan siapa kamu membayarkannya. Maksudku disini adalah NAMA TELLERnya, bukan siapa yang nemenin ke bank, aku nggak nyinggung masalah gandengan kok, #eh, kan bukan kondangan..
Soalnya, hal ini beneran terjadi. Pas udah sampai ke bank, di bagian teller di tanyain dulu bayarnya sama teller yang mana. Soalnya, semakin bisa mengingat nama tellernya, semakin mudah dicari. Sama halnya dengan poin-poin di atas tadi.
4. Nomor identitas, NIM atau KTP
5. Dari kampus mana,
6. Terakhir adalah nomor telepon yang bisa dihubungi.

      Begitu kiranya hal-hal yang harus diketahui. Oiya, selain itu, kalau kamu pernah memfoto bukti pembayaran itu, itu juga bisa lebih mudah untuk ditemukan. Mungkin ada cara cepat dari pihak bank untuk dapat menemukan slip pembayaran itu.
      Perlu diingat bahwa, hasil yang didapat dari minta bantuan ke bank adalah, kita hanya akan dapat copy-an nya. Karena bukti yang asli kan itu ada 3 lembar. 1 untuk pihak bank dan 2 untuk kita. Biasanya sih begitu, jadinya kita dapat copyannya yang sudah dibubuhi cap bank dan tandatangan dari teller serta keterangan copy.
      Selain itu, biaya dari permintaan kita ini, waktu itu aku harus membayar Rp 10.000,00. Dan durasi dari dapet copyan ini, harus menunggu minimal satu minggu, ini paling cepat. Aku menunggu dengan sabar (jangan langsung nyanyi payung teduh ya, wkwk), back- aku menunggu selama dua minggu. Senin - Senin - dan Senin selanjutnya baru dikabarin kalau slipnya sudah bisa di ambil Lega.

Hal yang dapat dipetik dari postingan kali ini adalah, Simpanlah segala sesuatu yang berhubungan dengan kampus. Seperti slip pembayaran. Rawatlah dengan baik seperti iklan di tv merawat malika seperti anak sendiri. Sekian :)

You May Also Like

27 komentar

  1. Kak kalo slip yg hilang sudah 1tahun gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lama juga ya, coba tetep tanya ke bank waktu pembayaran aja.. yang penting ingat hal-hal yang saya sebutkan tadi, kemungkinan bisa dicari... Atau lebih mudah lagi kalo ada fotonya / pernah difoto

      Hapus
  2. Bang slip pembayaranku juga hilang, masalahnya bank tempat pembayaranku waktu itu sudah tutup sekarang, solusinya gimana bang yah? Aku gak bisa ngajuin skripsi bang tanpa itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gimana ya,
      coba cari pusatnya bank yang sama kak, ditanyakan ke teller atau CS nya..

      Hapus
  3. Kalau tidak ingat tanggalnya gimn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan ingat bulannya dan kira-kira minggu ke berapa..

      Hapus
  4. bang slip ukt saya kan hilang,nah saat saya ke bank,dia justru mnta id transaksi ukt nya di rektorat,itu gmna bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. kemarin saya gak sampe kesitu tuh.. Tapi coba ganti hati, pindah teller. Hehe.. siapatau jawabannya beda. Tp kalo mau dicoba ke rektorat, tanya juga bisa.. Tp nggaktau prosesnya saya..

      Hapus
  5. Bg slip ukt saya juga uda stahun saya cuma ingat tgl sama bulan kalau teller nya saya gk ingat,itu bisa gk ya bg??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya masih bisa.. Nama teller itu pilihan terakhir, saya juga ga ingat kok waktu itu..hehe

      Hapus
  6. Bang kalo tanya di bank lain bisa gak bank bukan kita bayar lalu itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana ya?

      Beda bank gitu? Nggakbisa.. harus di bank yang tempat kita bayar..

      Hapus
  7. Kalau transaksi nya lewat atm gmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kurang tau kalo itu.. Coba ke bank terdekat dari atm itu aja..

      Hapus
  8. Bang klo masih sekitar 4 bulan hilang masih ada kira2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa.. Saya aja satu semester.. hehehe

      Hapus
  9. Kak slip ukt saya hilang udh dari 1smstr, trs saya datang ke bank tempat saya bayar lalu.. Tapi sama pihak bank terutama satpamnya malah ngarahin saya ke kampus saja.. Trs saya tanya ke satpamnya, memang pihak kampus tahu menahu ya mengenai slip pembayaran ukt saya yg hilang? Lalu kebagian staff kampus yg mana utk mengurus hal tsb.. Katanya malah ke bagian keuangan.
    Menurut kakak gimana? Kok beda bgt ya pengarahan dr bank kakak, dg bank yg sya tuju.. Mmg bank nya itu ga punya arsipnya kah? Sedihh bgt. Saya di bank btn waktu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba nanya ke teller deh.. Aku nanya temenku, bank tetep nyimpen 1 arsip disana.. Coba aja dibujuk lahi minta tolong gitu.. sekalian bawa ktp ktm.. hehe..

      Hapus
  10. kalau bayarnya lewat m baking ... gmnaa??

    BalasHapus
  11. Bang kalo di waktu pembayaran nya via atm nih. Tpi struknya kan gk keluar dikarenakan habis gitu kertasnya(kata satpam) lalu saya disuru mintakan slip pembayaran bisa kah bank ke urus? Sedangkan pembayaran nya lewat via atm nihπŸ₯ΊπŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­

    BalasHapus
    Balasan
    1. alangkah baiknya kemarin langsung pergi ke bank minta bukti pembayaran.
      kalau udah terlanjur, coba datang ke bank. Di inget2 tanggal, waktu, sama lokasi atm nya. Nominal yang ditransfer. Sama bawa identitas diri

      Hapus
  12. Bang astaga bingung banget degdegan ini, aku kasusnya di bjb nah dia malah minta waktu 1x24jam buat diproses kalo gabisa hadoh mampuslah aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak,Wah.. terus gimana tuh kabarnya? Tetep bisa kan?

      Hapus
  13. Bang mau nanya gimana kalau kita waktu pembayaran lewat transfer dan bukti nya ga keluar apakah bisa di urus bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transfernya lewat apa nih? Atm? Harusnya bisa.. Minta cetak rekening aja di bank.
      Oiya, di bukti transfer itu ada pinnya juga kan? Terus gimana tuh?

      Hapus
    2. Iya bank lewat ATM, tapi sih masih ada bukti setor tunai kira2 bisa ga bang ya?

      Hapus

. . . .